Kamis, 21 Februari 2013

beberapa tips yg mau beli iphone

Ada Rencana Memiliki iPhone? Ini Beberapa Hal yang Perlu Kamu Tahu
Seorang teman PG bahkan bisa dengan mudah menggunakan iPhone sebagai modem untuk PC-nya yang berbasis Windows. Tidak ada kesulitan untuk hal tersebut.

Tidak ada masalah dengan kontak

Karena perangkat iPhone terkenal akan keeksklusifannya, banyak yang khawatir bahwa kontak mereka akan hilang ketika menggunakan iPhone. Isu yang beredar menyatakan bahwa tidak mungkin memindahkan kontak dari ponsel Nokia Symbian atau Android ke iPhone. Ternyata tidak. Memindahkan kontak mudah saja kok. Bila kamu kesulitan mengkopikannya, kamu bisa minta tolong iPhone center di kota kamu atau carrier untuk Indonesia seperti Telkomsel, Indosat atau XL (terkait kemungkinan kontak kamu ada yang ‘menempel’ di kartu SIM’
Ada Rencana Memiliki iPhone? Ini Beberapa Hal yang Perlu Kamu Tahu

Kamu perlu Apple ID

Perangkat Android memerlukan akun Google agar bisa memaksimalkan fungsinya. Perangkat Apple juga tidak berbeda. Kamu perlu membuat akun, kemudian menghubungkannya dengan kartu kredit atau metode pembayaran kamu untuk membeli berbagai aplikasi dan lagu yang ada di iTunes. Oya, ini bagian yang agak beratnya. Kamu sebaiknya memiliki kartu kredit (atau paling tidak menggunakan kartu kredit tertentu), karena berbagai aplikasi yang ada di AppleStore sebagian besar harus dibayar, termasuk juga lagu-lagu yang dibeli lewat iTunes. Salah satu ‘keistimewaan’ iPhone adalah kamu tidak bisa mengkopi aplikasi atau lagu dari perangkat iPhone milik teman kamu. Kamu harus membelinya sendiri. Minimal lagu yang dikopikan ke iPhone haruslah hasil CD orisinil yang dipindahkan lewat perangkat Mac.


Kamu tidak bisa memindahkan Aplikasi Favorit kamu dari Android

Banyak aplikasi Android yang dijual di iOS, tapi itu tidak berarti kalau di handheld kamu sebelumnya kamu sudah memiliki aplikasi tersebut, lalu kamu bisa memindahkannya dengan mudah ke iPhone baru kamu. Seperti yang sudah dijelaskan PG di atas, kamu harus membelinya ulang dari Apple Store atau iTunes.

iOS apps dari Google juga banyak kok

Banyak aplikasi Google yang bisa dijalankan di iPhone, misalnya Google Maps, Gmail, dan Chrome. Kamu tidak perlu khawatir bila terbiasa menggunakan produk-produk Google tersebut, lalu beralih ke iPhone, kamu akan kehilangan semuanya. Tidak demikian kok. Kamu tetap bisa memanfaatkan aneka aplikasi dari Google tersebut. Bahkan Google Maps diakui Google lebih baik bila digunakan pada perangkat iPhone.

Multi Tasking lebih sulit di iPhone

Mungkin memang multi-tasking lebih baik di perangkat Android, terutama bila kamu menggunakan Galaxy Note. iPhone memungkinkan multi tasking, akan tetapi tidak semudah Android. Untuk membuka panel multi-task, kamu harus melakukan double-tap pada tombol Home di iPhone. Ini akan menjadikan beberapa ikon yang biasa kamu pakai tertutup. Aplikasi tambahan akan terbuka dengan melakukan swipe ke sebelah kiri. Swipe ke kanan akan mengendalikan aplikasi musik milik iPhone.
Ada Rencana Memiliki iPhone? Ini Beberapa Hal yang Perlu Kamu Tahu
Kamu tidak bisa melihat aplikasi yang berjalan bersamaan seperti pada perangkat Android, terutama yang baru. Panel multi-tasking ini juga tidak berjalan secara background. Kamu akan merasa membuka aplikasi baru dari homescreen.

Kamu perlu membuat ringtone baru

Sudah punya ringtone kesayangan dari perangkat sebelumnya? Perangkat iPhone hanya mengenali ringtone yang berformat  “.m4r”. Ini berarti semua ringtone lama kamu (bila kamu memindahkannya) tidak akan bekerja. Kamu harus membuat yang baru.
Kamu bisa mensinkronkan ringtone kamu yang lama menggunakan iTunes. Seperti yang diungkapkan PG sebelumnya, inilah sebabnya kamu perlu menginstall software iTunes di PC kamu. Dari sini kamu akan banyak terbantu untuk mengelola berbagai fungsi iPhone.

Sambungan USB kamu tidak akan berfungsi

Semua perangkat iPhone dan iPad menggunakan apa yang disebut Lightning connector. Ini tidak kompatibel dengan USB. Ini berarti bahwa perangkat iOS kamu tidak akan bisa memanfaatkan semua charger, dock, atau perangkat USB lainnya. Pengecualiannya adalah, perangkat ini hanya bisa terkoneksi secara wireless. Ini perlu menjadi perhatian kamu sebelum membeli iPhone.

Semua Aplikasi terintegrasi hanya dengan iOS

Berbagai aplikasi di Android bisa di-sharing dengan mudah. Semua aplikasi memiliki setting sendiri-sendiri sehingga memudahkan kamu untuk mengutak atiknya, kamu tidak perlu terhubung dengan sistem utama Android.
Ini berbeda dengan iOS dimana semua aplikasi terikat dengan iOS. Mengubahnya berarti kamu harus menuju ke sistem iOS. Kebanyakan aplikasi menginstall control panel miliknya masing-masing di menu Setting dan notifikasi dikontrol dari Settings -> Notifications. Apple juga mensupport Facebook dan Twitter langsung dari iOS, yang mana keduanya bisa di-update dari layar notifikasi iOS.
Ada Rencana Memiliki iPhone? Ini Beberapa Hal yang Perlu Kamu Tahu

Ini berarti beberapa aplikasi setting menu-nya tidak jelas. Bila kamu sebelumnya menggunakan Android, kamu akan kebingungan. Tipsnya adalah, bila kamu tidak bisa menemukan setting yang ingin kamu ubah dari aplikasi tersebut, kamu bisa melihat pada Setting Menu utama iPhone.

Nah, demikianlah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu membeli iPhone. Perangkat ini memang menjanjikan prestise dan gengsi yang lebih besar. Namun secara fungsional, apalagi untuk kita di Indonesia, sebetulnya penggunaan iPhone kita tidak optimal. Kamu perlu melakukan jailbreak bila ingin lebih memaksimalkan fungsi iPhone, tapi hal ini sebenarnya tidak disarankan oleh Apple sendiri karena mereka menginginkan kontrol ketat terhadap pengalaman pengguna produk buatannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar