Minggu, 06 Januari 2013



Trick Dasar Bermain BMX

LATIHAN FISIK DALAM MENGUASAI SEPEDA


     Sebelum memulai untuk mempelajari trik–trik dalam BMX ada baiknya melatih fisik terlebih dahulu fungsinya untuk mengenal dan menguasai sepeda sebagai media yang sering akan digunakan untuk belajar lebih jauh dalam penguasaannya.


1. Melatih kekuatan tangan.

   Dalam mengendarai/mempelajari sepeda BMX kekuatan tangan sangat mutlak diperlukan untuk bagaimana cara memegang kemudi ( handle bar ) dengan kuat penguasaan sepeda baik didarat atau pada saat mendarat setelah melakukan trik jumping diudara. Misalnya dengan melakukan push up / mengangkat beban ringan secara rutin, pull up ( mengangkat badan keatas dengan tangan bergelantung ).



2. Melatih kekuatan kaki

   Selain kekuatan tangan yang harus dilatih , melatih kekuatan kaki juga perlu diperhatikan gunanya untuk menyeimbangkan keseimbangan tubuh pada saat mengayuh dan mengatur kecepatan / laju sepeda bahkan menahan saat sepeda pada posisi diam. Misalnya membiasakan mengendarai sepeda sesering mungkin atau jika perlu ditambahkan dengan lari pagi sangat baik untuk pernafasan.



BERLATIH KELUWESAN & KESEIMBANGAN TUBUH

   Faktor utama dalam mempelajari sepeda BMX adalah setiap anggota tubuh harus luwes pada setiap gerakan untuk mendapat keseimbangan yang baik , oleh karena itu sesering mungkin dalam belajar BMX banyak melakukan gerakan atau membiasakan mengendarai sepeda ( BMX ) agar penguasaan sepeda lebih optimal.  


BERLATIH CARA JATUH YANG BAIK

   Dalam mempelajari sepeda BMX selain beberapa trik yang harus dipelajari tidak menutup kemungkinan resiko dapat terjadi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan penguasaan mengendalikan sepeda juga perlu pada saat jatuh/ luar kendali.



     Dan tiba saatnya untuk belajar trik-trik dasar nya. Ada banyak sekali trik-trik dalam bermain BMX, salah satu nya Foot Jam Endo, 180g Turn,Wallride, dan lain sebagainya.



1. Foot Jam Endo

   Untuk melakukan Endo Jam Foot Anda harus :
1. Mulailah mengendarai pada kecepatan sedang.


2. Angkat kaki dengan baik.

3. Seperti namanya, menjelaskan kemacetan ban anda, pada saat kaki anda tersebut berada di                         antara ban dan shock depan sepeda.


4. Ini harus mengangkat anda dengan tumpuan ban depan saja.


   Sekali lagi, pastikan ketika anda sedang jamming, kaki anda diantara shock dan ban depan yang berada pada sudut 50 derajat, dan membuat Trick Foot Jam Endo.




2. 180g-Turn

   Untuk melakukan 180g-Turn anda harus :

1. Mulai naik pada kecepatan normal.

2. Bersandar maju sementara menarik diri anda sampai 180 derajat ke samping. Pakai rem depan anda sedikit saat anda melalukannya.

3. Gerakkan diri anda keluar dari sana dan lakukan fakie.

   180g-Turn merupakan trik yang cukup rumit pada roda depan, anda akan membutuhkan banyak keseimbangan yang baik dan, rem depan adalah opsional meskipun saya sarankan anda memiliki satu.



3. Wallride


   Untuk melalukan trik ini, terlebiah dahulu :

1. Menuju dinding sudut dengan kecepatan sedang.

2. Setelah anda mendekati dinding, kurang lebih 2-3 kaki, lakukan small bunny hop ke arah dinding tersebut, dengan kedua roda berada di dinding.

3. Bagian yang paling penting dari trik ini adalah condong ke arah dinding untuk menjaga keseimbangan anda. Semakin anda mempraktekkan trik ini, anda akan semakin tebiasa. (Anda tidak harus menghadap tanaman jika anda berhadapan pada sudut yang baik,tetapi ditempat tertentu saja).

4. Untuk kembali ke tanah, anda cukup melakukan small bunny hop lagi di dinding. Dan jangan lupa jaga keseimbangan anda.

   Cara yang baik untuk berlatih adalah temukan tempat yang sesuai, dan cocok untuk melalukan trik ini. Semakin sering anda berlatih, semakin mahir pula anda nantinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar